Rabu, 18 April 2012

"Merauke-Papua Ujung Timur Indonesia"

Tetapi tidak Selamanya akan ada kesuraman di negeri yang terhimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka dikemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain. (Yesaya 8:23)

Menyibak Merauke ujung Timur Indonesia  adalah salah satu daerah yang dipatok sebagai Ujung Bumi akan menjadi standar/ukuran pembalikan fakta sejarah bagi pemulihan bangsa-bangsa. Mendengar berbagai pendapat yang dapat dipercaya, meneguhkan kita pada kehendak dan rencana Tuhan sesuai Firman-Nya.
Apabila kita telah melihat hal ini, dengan mata iman maka kita akan berkata seperti Yakub " Sesungguhnya Tuhan ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya. Ia takut dan berkata:"Alangkah dasyatnya tempat ini. Ini tidak lain dari Rumah Allah, ini pintu 
gerbang Sorga".

Inilakah yang disebutkan oleh Yehezkiel tentang Pintu Gerbang Timur yang tertutup?

Kenyataan yang kita lihat di Tanah Marind wilayahnya luas namun masyarakat asli yang mendiaminya, belum dapat memanfaatkan kekayaan alamnya untuk meningkatkan taraf hidup. Hidupnya pasrah terhadap situasi yang ada baik dalam menjalani kehidupan jasmani dan rohani.  

Bukan karna orang Marind belum mendengar Injil. Sejak  14 Agustus 1902 Injil sudah diberitakan oleh dua orang Misionaris, tapi mengapa  sampai saat ini manusia marind belum merasakan kekuatan Allah dari Injil yang diberitakan ? Siapakah yang bertanggung jawab atas kemiskinannya, kebodohannya, ketelanjangannya? Mungkin kita akan bertanya seperti kisah orang yang Buta sejak lahir (Yoh. 9:1-3) Jawab Yesus : "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan didalam dia.

Kalau demikian Tanah Marind adalah Pintu Gerbang Timur yang tertutup, siapakah yang dapat membuka Pintunya? Yehezkiel memberikan jawaban: Hanya raja itu oleh karena ia raja boleh duduk disana makan santapan dihadapan TUHAN. Raja itu akan masuk melalui balai gerbang dan akan keluar dari situ".

Kita perlu tahu bahwa Orang Papua mempunyai Sisilah atau garis keturunan, ada yang mengatakan Papua di bagi dalam tujuh wilayah dan marind terdiri dari tujuh marga, ini ibarat benang kusut yang harus dilihat dari mana kita mulai memegang ujung dari benang untuk membenahi segala sesuatu. Kalau Marind adalah ujungnya marilah kita memulainya dari tanah marind (Anim Ha/ Manusia Sejati) Manusia yang dibentuk menurut rupa dan gambar Allah (Kej. 1:26).
 
Dengan mengenal wilayah Marind  yang unik, karena suku-suku yang tinggal mendiami pesisir pantai, dihimpit oleh kali Maro, Kumbe dan Bian selain itu dikeliling oleh rawa-rawa, tanah daratannya datar tidak ada gunung sebagian daerahnya  berlumpur dan labil tidak ditemukan batu-batu seperti di daerah Papua bagian utara.
Dikatakan unik, karena salah satu suku di Papua ini berbeda dengan suku-suku di papua yang lain seperti Muyu- Mandobo, Asmat, Mappi, Biak, Jayapura dan lainnya. Kita dapat mengenal dari daerah/suku mana  seseorang berasal dengan menyebut nama marganya. Tetapi untuk suku marind yang terdiri tujuh marga dan semua marga tersebut ada di setiap kampung dimana suku marind tinggal dan hidup. Jadi Tujuh marga dari Suku Marind mendiami empat penjuru mata angin.

Nama Merauke sudah sudah tidak asing lagi karena wilayah yang satu ini terkenal dengan nama Kota Rusa.  Dan sering di sebut  dalam  lirik lagu Dari Sabang sampai Merauke.  Daerah yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari ikon NKRI, Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu kabupaten di ujung wilayah timur Indonesia dengan batas-batas wilayahnya :
  • Sebelah Utara dengan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Mappi
  • Sebelah Timur dengan Negara Papua New Guinea
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Arafura
  • Barat berbatasan dengan Laut Arafura
Penduduk asli  Merauke adalah Suku Marind-anim, terdapat 7 (Tujuh)  marga, yaitu:
1) Gebze; 2) Kaize; 3) Balagaize; 4) Mahuze; 5) Ndiken; 6) Basik-Basik; 7) Samkakai
Penduduk yang datang dari luar daerah Merauke seperti  Suku Jawa, Sumatra, Sulawesi, NTT,NTB, Maluku, Cina juga banyak yang tinggal mendiami Tanah Anim Ha (Manusia Sejati).

Pada Tahun 2006 dilakukan lagi pemekaran Distrik dari 11 Distrik menjadi 20 Distrik, 4 Distrik yang di mekarkan adalah Distrik Kimam, Distrik Okaba, Distrik Kurik dan Distrik Merauke. Ada pepatah mengatakan tidak kenal maka tak sayang, berikut Dua Puluh (20)  Distrik dan 160 kampung tersebut sebagai berikut :
  1. Distrik Merauke memiliki  8 (delapan) kelurahan : Maro, Rimba Jaya, Karang Indah, Samkai, Mandala, Bambu Pemali, Seringgu Jaya; Kamp. Nasem, Kamp. Wasur.
  2. Distrik  Kurik terdiri dari 9  Kampung : Harapan Makmur, Ivi Mahad, Jaya Makmur, Kaliki, Kurik, Salor Indah, Sumber Mulia, Sumber Rejeki, Telaga Sari.
  3. Distrik Kimaam terdiri dari 12 kampung : Banli, Deka, Kimaam, Kalilam, Komolom, Kumbis, Mambum, Sabudom, Teri, Teriram, Wanam Kem, Woner.
  4. Distrik Okaba terdiri dari 7 kampung : Alaku, Alatep, Dufmira, Makaling, Okaba, Sanggase, Wambi.
  5. Distrik Sota terdiri dari 5 kampung : Erambu, Rawa Biru, Sota, Totay, Yanggandur.
  6. Distrik Muting terdiri dari 13 kampung : Andaito, Boha, Elanggol Jaya, Kaiza, Kolam, Metaat Makmur, Muting, Pachas, Sedayu Agung Prasasti, Selauw, Sigabel, Waan, Wan Waibon
  7. Distrik Jagebob terdiri dari  14 kampung : Angger Permegi, Blandin Kakayo, Gurinda Jaya, Kamno sari, kartini, Makarti jaya, Melin Megikar, Mimi Baru, Nalkin, Obathrow, Poo, Wenda Asri.
  8. Distrik Tanah Miring terdiri dari 13 kampung: Amungkai, Bersehati, Hidup Baru, Isanombias, Nggutibob, Sarmayam Indah, Sermayam, Soa, Sumber Harapan, Tambat, Waninggap Miraf, Waninggap Say, Yabamaru, Yasa Mulya.
  9. Distrik Semangga terdiri dari 10 Kampung : Kuper, Kuprik, Marga Mulya, Matara, Muram Sari, Semangga Jaya, Sido Mulya, Urumb, Waninggap Kay, Waningggap Nanggo.
  10. Distrik Elikobel terdiri dari 12 kampung: Bouwer, Bumun, Bunggay, Bupul, Bupul Indah, Enggal jaya, Geriser, Kweel, Metaat Makmur, Sipias, Tanaas, Tof-Tof
  11. Distrik Ulilin terdiri dari 11 kampung : Baidub, Belbeland, Kafyomke, Kandrakai, Kindiki, Kireli, Kumaaf, Mandekman, Nggayu, Rawahayu, Selil.
  12. Distrik Ilwayab terdiri dari 4 kampung : Bibikem, padua, Wanam, Wogikel.
  13. Distrik Tabonji terdiri dari 9 kampung : Bamol 1, Bamol, 2 Iromoro, Konjom Bando, Suam, Tabonji, Wanggambi, Yamuka, Yeraha.
  14. Distrik Waan terdiri dari 8 kampung : Kawe, Kladar, Konorau, Sabon, Sibenda, Tor, Waan, Wetau.
  15. Distrik Anim Ha terdiri dari 5 kampung: Baad, Kaisah, Koa, Senegi, Wayau.
  16. Distrik Ngguti terdiri dari 5 kampung : Nakias, Po Epe, Salamepe, Taga Epe, Yawimu.
  17. Distrik Kaptel terdiri dari 4 kampung : Ihalik, Kanis Kobat, Kaptel, Kwemzied.
  18. Distrik Naukenjerai terdiri dari  5 kampung : Kondo, Kuler, Onggaya, Tomer, Tomerau.
  19. Distrik Malind terdiri dari 7 kampung : Domande, Kaiburse, Kumbe, Onggari, Padang Raharja, Rawa Sari, Suka Maju.
  20. Distrik Tubang terdiri dari 6 kampung :Dodalim, Dokib, Wamal, Welbuti, Woboyo, Yowit.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar